Peralatan Sablon

Disini akan coba kami sajikan tentang beberapa peralatan dan perlengkapan yang penting dalam sablon khususnya proses pembuatan atau bikin kaos

Peralatan intinya kurang lebih :

1. Film sablon, film ini dibuat dengan cara dibikin desain dulu di komputer, bisa dengan corel atau photoshop kemudian diprint pake tinta laser.

2. Screen media yang digunakan untuk mengantarkan tinta sablon ke obyek sablon. Ukurannya bermacam-macam, misalnya ada screen yang berukuran 30×40cm, 20×30 cm, sampe ada screen ukuran besar untuk spanduk.

3. Rakel. untuk mengkuaskan / nggesut dalam bahasa jawa tinta sablon yang ada di Screen supaya tercipta gambar di obyek sablon. Bahannya dari karet yang diberi pegangan kayu memanjang.

4. Tinta sablon. Bermacam-macam jenis dan nama tinta bergantung dari sablonan apa yang mau kita buat.

5. Cairan-cairan pencampur untuk cat basis minyak, gunanya untuk mencampurkan tinta agar sesuai dengan tingkat kekentalan and warnanya. Bisa cairan M3, M3 Super, tinner, minyak tanah, dan sebagainya.

6. Meja sablon, meja sablon terbuat dari rangka besi atau kayu. Di bagian atas adalah kaca transparan, dan dibawahnya diletakkan lampu neon agar bisa terlihat jelas saat menyablon.

7. Hair dryer, berguna untuk mengeringkan sablonan, apalagi pada saat musim hujan yang jarang ada sinar matahari terik.

8. Lampu Neon

9. Tempat penjemuran.

10. Beberapa peralatan pendukung. Seringnya kita lebih banyak membutuhkan beberapa peralatan pendukung agar menyablon lebih mudah dan cepat. Banyak perlatan yang kadang tak terpikirkan malah bisa membantu proses bikin kaos jadi lebh mudah, gak percaya, coba saja.